Rabu, 30 Desember 2015

3 Cara Menjadi Investor Real Estate Secara Profesional

Salah satu investasi yang menguntungkan diantara banyak investasi adalah investasi di bidang real estate. Investasi di bidang real estate selain menguntungkan juga memiliki resiko yang tinggi. Salah satu dasar dari investasi adalah dimana semakin besar resiko maka akan semakin besar keuntungannya. Seperti yang kita tahu bahwa melakukan investasi di bidang real estate akan membuat uang  anda bertumbuh lebih cepat dan dipastikan selalu bertumbuh sesuai dengan laju inflasi. Namun memiliki resiko yang diberikan oleh bidang ini juga besar dimana akan selalu ada kerugian pada waktu singkat seperti untuk pengelolaan real estate, perawatan dan juga penyewaan jasa marketing. Namun melihat laju inflasi yang makin tinggi maka pertumbuhan investasi di bidang real estate di prediksikan akan terus meningkat seiring bertambahnya waktu. Untuk menjadi seorang investor di bidang real estate profesional anda bisa mengikuti berberapa langkah berikut:



Mengerti market

Ketika anda memutuskan untuk menjadi investor dalam real estate secara profesional yang paling pertama harus anda lakukan adalah dengan mengerti kondisi market. Anda perlu mengerti bagaimana pasar berjalan dan mempelajarinya secara seksama.

Ketika anda akan melakukan investasi real estate ada beberapa cara yang bisa dilakukan, disini anda harus bener benar mengerti jenis mana yang sesuai dengan tujuan anda. Investasi yang sesuai dengan gaya anda akan membuat anda mencapai tujuan anda dengan lebih mudah.

Real estate adalah sebuah tanah dan apapun yang menempel padanya secara permanen, jadi secara umum melakukan invetasi real estate atau peoperti adalah investasi yang memanfaatkan kegiatan jual beli tanah dan juga bangunan yang ada di atasnya. Di dalam investasi properti ada 2 tipe yaitu kepemilikan dan juga persewaan. Yang paling popular diantara keduanya adalah jual beli kepemilikan dari sebuah tanah dan bangunannya dan kemudian menyewakan properti tersebut agar dapat mendapatkan penghasilan secara rutin dari penyewa.

Ketahuilah jenis investasi yang anda inginkan

Ketika anda melakukan investasi di dunia properti anda akan dihadapkan pada 2 jenis market yaitu merket persolan dan juga market publik. Ketika anda memiliki sebuah properti berarti anda memiliki personal market dimana anda akan mendapatkan uang sewa dari para penyewa properti anda. Sedangkan jika anda membeli saham dari sebuah real estate berarti anda berhadapan dengan market publik dimana anda hanya akan mendapatkan dividen sebagai trust rent dari pemilik karena anda telah membeli sahamnya. Dengan membeli saham sebuah properti ini adalah cara tidak langsung untuk berinvestasi sedangkan dengan kepemilikan hal ini adalah jenis investasi secara langsung.

Ketahui resiko yang anda bisa dapatkan

Ketika anda berbulat tekad untuk melakukan investasi di bidang real estate anda harus benar benar paham dengan resiko yang mungkin anda hadapi. Resiko paling berat yang mungkin anda alami ketika melakukan investasi real estate adalah waktu ketika anda harus melakukan renovaasi. Ketika anda sedang melakukan investasi real estate anda harus siap dengan modal yang besar den juga investasi jangka panjang. Ketika bangunan anda membutuhkan direnovasi maka pastikan anda memiliki biaya untuk melakukannya jika tidak nilai properti yang anda miliki dapat turun drastis bahkan bisa saja properti anda tidak bisa dijual dan menyebabkan kerugian yang besar pada pihak pemiliknya. Jika anda memiliki modal yang besar maka investasi di bidang properti akan menjadi investasi yang menguntungkan bagi anda.