Jumat, 18 Desember 2015

Tips Memilih Investasi yang Cocok untuk Anda

Investasi yang tepat bagi anda tentunya adalah investasi yang menguntungkan. Namun tidak semua jenis investasi sesuai dengan anda, ada beberapa kriteria yang harus anda penuhi untuk melakukan investasi. Isu pemilihan investasi yang paling utama adalah isu keuangan dan juga mental anda. Untuk dapat melakukan investasi yang menguntungkan, pertama yang harus anda lakukan adalah memilih investasi yang tepat untuk anda.


Mengetahui kebutuhan dan tujuan

Untuk mendapatkan investasi yang menguntungkan anda perlu mengetahui kebutuhan dan juga tujuan anda dalam melakukan investasi. Hal ini adalah hal yang paling memakan waktu dalam melakukan persiapan investasi. Pertama anda harus mengetahui diri anda sendiri. Apa yang benar benar anda harapkan dan juga seberapa besar anda bisa mengambil resiko.

Yang diperlukan dalam sebuah investasi bukan hanya kesiapan anda untuk mendapatkan uang yang berlipat lipat, tapi yang perlu anda siapkan adalah mental anda untuk menghadapi resiko kerugian. Dalam sebuah investasi yang paling penting untuk ada pikirkan adalah seberapa besar uang yang bisa anda ikhlaskan jika prediksi investasi anda tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Mengetahui lama investasi

Lama investasi adalah salah satu cara paling tepat untuk memilih investasi yang sesuai dengan anda. Misalnya jika anda bisa menginvestasikan uang anda dalam jangka waktu yang lama dan jika anda hanya bisa menginvestasikan uang anda dalam waktu yang lebih sempit. Waktu juga menentukan tujuan dari sebuah investasi dan juga akan mempengaruhi resiko yang akan anda hadapi. Misalnya anda melakukan investasi untuk membeli rumah dalam jangka waktu tertentu maka anda baiknya memilih investasi untuk jangka panjang. Investasi jangka pendek bukan merupakan investasi yang menguntungkan bagi anda yang akan membutuhkan dana invetasi dalam waktu yang dekat, hal ini disebabkan karena investasi memiliki nilai yang naik dan turun sedangkan untuk investasi jangka pendek anda bisa mengabaikan naik turunnya nilai investasi pada waktu yang lebih pendek.

Membuat rencana investasi

Ketika anda sudah mempersiapkan kebutuhan, tujuan,dan juga mengetahui menejemen resiko maka step selanjutnya adalah membuat sebuah rencana investasi. Bagi anda yang sedang memuai menjadi seorang investor, investasi yang menguntungkan bisa anda mulai dengan melakukan investasi dengan resiko yang lebih kecil. Jika anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup anda bisa mulai menaikkan level investasi anda. Ketika menaikkan level investasi anda, baiknya anda juga memikirkan resikonya, jika anda mampu kehilangan sejumlah uang tersebut maka anda bisa melakkan investasi. Lakukan upgrade level investasi hanya jika anda merasa mampu menghandle resiko mental yang mungkina anda hadapi.

Mencari investasi yang beragam

Salah satu cara untuk melakukan investasi yang menguntungkan adalah dengan melakukan investasi dengan beragam. Yang dimaksud dengan beragam disini adalah anda melakukan investasi di banyak bidang yang berbeda, selain itu pilihlah investasi yang memiliki pergerakan finansial yang berbeda beda. Hal ini akan menghindarkan anda dari kerugian yang bertubi tubi dari investasi yang anda pilih.


Untuk mendapatkan investasi yang menguntungkan anda bisa melakukan tips tips diatas. Yang paling penting untuk dilakukan adalah tidak mengambil keputusan yang mendadak, terburu buru, tanpa perhitungan dan juga dengan berdasaran emosi. Selain itu anda harus pandai pandai membaca situasi, jangan hanya terpancang pada 1 investasi yang sedang berkembang, jangan terpancang pada tren tapi berusahalah untuk membaca tren investasi yang menguntungkan di masa mendatang.