Rabu, 16 Desember 2015

6 Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan di Masa Depan



Investasi yang aman menjadi salah satu tujuan bagi banyak orang, baik itu seorang mahasiswa, karyawan, wiraswasta, artis, pengacara, pedagang, maupun pengusaha agar bisa mendapatkan kebebasan finansial di masa depan, bila hal tersebut juga menjadi tujuan Anda, maka sudah saatnya Anda mempertimbangkan menyisihkan penghasilan atau tabungan untuk berinvestasi.


Namun untuk mencegah terjadinya kerugian maka sebaiknya Anda mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu jenis investasi yang menguntungkan di masa depan. Terdapat dua jenis investasi yang secara umum berlaku di dunia yaitu investasi finansial dan riil. Anda bisa memilih diantara kedua jenis investasi ini sesuai dengan kebutuhan dan keberanian Anda. Salah satu hal yang penting untuk Anda pahami adalah resiko yang harus dihadapi, sehubungan dengan jenis investasi yang Anda pilih, seperti kerugian dan kehilangan modal. Tapi hal ini sebaiknya tidak perlu terlalu membuat Anda khawatir karena dengan mempelajari strategi dan cara mengantisipasi masalah tersebut maka akan selalu ada cara untuk bertahan dan mendapatkan keuntungan.

6 Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan di Masa Depan

Memilih investasi masa depan yang aman dan menguntungkan saat ini memerlukan pengetahuan dasar tentang instrument investasi dan mau belajar dari pengalaman orang lain yang sudah berhasil menjalankan investasi tersebut. berikut ini 6 jenis investasi yang aman dan menguntungkan di masa depan, yaitu :

Emas

Emas merupakan instrument investasi jangka panjang dan jangka pendek yang menjadi pilihan banyak orang, selain tidak terpengaruh dengan inflasi, emas juga merupakan jenis logam berharga yang sangat mudah ditukarkan dengan uang tunai dan dapat diterima sebagai alat pembayaran di manapun dan kapanpun. Bila dibandingkan dengan menabung, harga emas terus naik setiap tahun, dan bila dibandingkan dengan property, maka emas tidak memiliki pajak yang harus dibayar, tidak memerlukan orang ketiga (notaris) saat proses jual beli.

Property

Setelah emas, maka property menjadi pilihan kedua yang paling banyak dipilih oleh orang Indonesia sebagai instrument investasi, terutama untuk investasi jangka panjang. Property baik berupa tanah dan bangunan akan menuai banyak keuntungan baik bila Anda menyewakannya atau menjualnya kepada pihak lain, karena harga property akan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Namun untuk membuat keuntungan tetap terjaga sebaikny Anda menjaga dan merawat property tersebut, karena bila property tidak terjaga maka harga sewa dan jualnya bisa lebih murah dibandingkan dengan nilai propery yang terawat dengan baik.

Deposito

Sebenarnya instrumen investasi yang satu ini hampir mirip dengan tabungan, akan tetapi deposito hanya bisa diambil pada waktu yang telah disepakati seperti dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau 2 tahun. Namun dibandingkan dengan tabungan, suku bunga untuk deposito lebih tinggi bila dibandingkan dengan tabungan, sehingga bila Anda tidak mengambilnya dalam waktu 1-2 tahun, maka jumlah uang Anda akan lebih besar jumlahnya.

Reksadana

Reksadana adalah jenis instrumen investasi yang dikelola oleh manajemen investasi atau badan hukum yang menghimpun dana dari para investor untuk kemudian diatur oleh seorang ahli yang akan menyalurkan dana investasi tersebut untuk berbagai aktivitas finansial yang menghasilkan keuntungan. Dari keuntungan inilah investor akan menikmati hasil dari dana yang telah diinvestasikannya.

Pasar valas (pertukarang mata uang asing)

salah satu pasar valas paling populer didunia adalah forex, dimana jenis instrument investasi yang satu ini mendapatkan keuntungan dari pertukaran mata uang asing, dimana selisih naik dan turunnya mata uang asing merupakan kuntungan dari investasi ini. Bagi Anda yang menyukai tantangan, memiliki insting yang tajam, dan cukup agresif maka Anda bisa menjadi trader yang aktif dan bisa terlibat secara langsung dalam pasar valas. Butuh waktu untuk mempelajari jenis investasi ini untuk menjadi seorang trader yang ahli. Namun bila sudah tahu caranya maka Anda bisa menjadi seorang trader yang sukses.

Saham

Instrument investasi yang satu ini berbentuk kepemilikan seseorang terhadap saham perusahaan yang sudah go public. Dimana perusahaan tersebut memerlukan dana dari investor untuk melebarkan sayap bisnisnya, dan investor akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk dividen sebagai keuntungan dari perusahaan yang akan dibagi sesuai dengan jumlah besaran sahan yang dimiliki oleh investor.
Keenam instrument investasi diatas memiliki resikonya masing-masing, namun umumnya investasi riil memerlukan modal yang besar, namun resiko kerugiannya sangat kecil. Sedangkan investasi finansia tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, namun memerlukan kecerdasan dan keahlian untuk mencegah resiko kerugian yang cukup besar.

Demikianlah uraian singkat mengenai 6 jenis investasi, semoga bisa memberikan Anda tambahan informasi dan tidak ragu lagi dalam memilih investasi masa depan.