Senin, 22 September 2014

Persiapan Penting Sebelum Berinvestasi

Mendengar kata investasi, Anda pasti akan memikirkan mengenai menabung untuk hari tua. Tetapi, investasi tidak terbatas pada menabung uang di bank, meskipun pada dasarnya, konsep investasi selain tabungan bank juga sama, yaitu menyimpan uang pada satu aset tertentu. Investasi juga dapat menjadi sumber pemasukan yang menjanjikan. Bahkan, sudah banyak orang membuktikan bahwa dengan investasi yang tepat, mereka dapat hidup tanpa perlu khawatir akan mendapatkan masalah finansial. Untuk berinvestasi, yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk investasi yang tepat. Saat ini, ada 3 produk investasi yang aman dan sangat menguntungkan, yaitu emas, properti dan saham. Untuk memulai investasi pada 3 produk tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. 

Investasi Emas

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah modal, sama seperti jenis investasi lainnya. Modal yang dipersiapkan tidak terlalu besar. Namun, seperti yang kita semua ketahui, nilai emas akan selalu naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, modal yang dibutuhkan juga akan naik setiap tahunnya. Jadi, Anda harus sesegera mungkin berinvestasi emas, bila Anda tidak mau modal yang Anda persiapkan semakin besar. Selain modal, Anda juga harus tahu jenis produk emas yang ingin Anda gunakan. Yang paling populer saat ini adalah emas jenis bullion. Emas jenis ini mudah didapat dan nilainya juga stabil. Yang paling menguntungkan, emas ini dapat dengan mudah digunakan untuk bertransaksi. Produk emas lainnya adalah koin emas. Produk emas ini dapat dikatakan produk investasi emas untuk kolektor. Koin emas tidak hanya memiliki nilai yang berasal dari emas, bahan utamanya. Namun, terdapat pula nilai sejarah dari koin tersebut. Hal ini membuat nilai produk emas ini jauh lebih tinggi daripada produk emas jenis lainnya.

Investasi Properti

Sama seperti investasi emas, memulai investasi properti membutuhkan modal. Modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi di bidang properti lebih besar daripada investasi jenis lainnya. Tetapi, investasi ini menjanjikan keuntungan yang besar pula, baik saat Anda menjual properti Anda maupun dari pemanfaatan properti Anda, seperti mengontrakkannya, membuatnya menjadi tempat kos dan lainnya. Yang perlu diperhatikan saat berinvestasi di bidang properti adalah perawatan. Anda perlu memperbaiki hal-hal yang rusak, melakukan upgrade pada properti Anda dan lainnya. Anda perlu melakukan hal ini secara rutin agar nilai properti Anda tetap terjaga. Memang benar, Anda masih mendapatkan keuntungan tanpa melakukan perawatan seperti ini, karena nilai properti yang naik setiap tahunnya. Akan tetapi, dengan perawatan dan perbaikan yang cukup, nilai properti Anda akan tumbuh sangat pesat dan keuntungan yang dijanjikannya juga sangat besar.

Investasi Saham

Investasi saham dapat dikatakan investasi dengan modal paling kecil, dibandingkan emas dan properti. Anda dapat memulai investasi saham hanya dengan modal Rp. 5 juta. Yang perlu Anda lakukan untuk sukses investasi ini adalah memilih broker yang tepat. Broker yang berpengalaman, mempunyai reputasi yang baik dan bersedia membimbing Anda dalam berinvestasi adalah yang perlu Anda pilih. Selain itu, pilih juga saham yang Anda suka. Bila Anda berminat di bidang teknologi atau Anda mempunyai kemampuan di bidang ini, maka pilih saham dari perusahaan yang bergerak dibidang yang sama. Hal ini memudahkan Anda untuk memprediksi pergerakan saham dan menentukan keputusan investasi yang tepat. Yang terpenting adalah Anda harus terus belajar dan menambah informasi. Hal ini tidak hanya berguna untuk investasi saham, tetapi juga untuk investasi emas dan properti.