Selasa, 22 Desember 2015

Tips Memilih Investasi yang Aman dan Tepat

Tahukah Anda apa saja tips memilih investasi yang aman dan tepat untuk dipilih? Dalam mencari penghasilan yang kita inginkan setiap bulannya memang tak harus selalu mengandalkan gaji. Masih ada banyak cara yang dilakukan untuk dapat memilih investasi yang aman dan tepat. Dengan memilih investasi yang aman maka akan membuat Anda memiliki penghasilan lainnya yang dapat menguntungkan untuk dilakukan. Namun apabila Anda memilih investasi ada baiknya pilihlah yang aman dan tepat. Agar Anda tidak salah dalam memilih investasi yang dilakukan ada baiknya apabila menyimak beberapa tips berikut ini.


Tips memilih investasi yang aman dan tepat yaitu

  •       Investasi saat yang tepat
Ada baiknya apabila sebelum menjalani investasi yang aman mulailah dengan menggunakan investasi yang aman dan saat yang tepat. Misalnya saja apabila saat ini emas sedang dalam kondisi turun maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membeli emas. Dengan membeli emas saat harga turun dan menjualnya saat harga tinggi maka Anda akan mendapatkan selisih harga yang merupakan keuntungan.

  •        Investasi yang cocok dengan diri sendiri
Investasi juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan juga kecocokan diri sendiri. Misalnya saja Anda memiliki uang yang banyak bisa dipilih investasi dengan emas batangan, lahan, kelapa sawit dan masih banyak lainnya. Namun apabila keuangan sedikit maka bisa membeli emas dari satu gram yang dikumpulkan setiap bulannya.

  •        Jangka panjang
Memilih investasi memang bukanlah hal yang mudah namun investasi jangka panjang akan lebih baik. Misalnya saja Anda menanam kelapa sawit atau pohon jati pada saat anak masih kecil. Setelah ini hasilnya dapat dipetik ketika mereka dewasa untuk tabungan ketika mereka bersekolah ke Universitas dan menikah. Dengan demikian maka investasi tersebut akan lebih menguntungkan dibandingkan langsung mengumpulkan dalam bentuk uang atau tabungan. Perhitungan nilainya akan lebih besar dibandingkan dengan uang yang dikumpulkan.

  •        Evaluasi dilakukan secara rutin
Anda dapat melakukan evaluasi yang dilakukan secara rutin atas tindakan investasi yang dijalani. Misalnya mengenai emas apabila terkumpul dalam bentuk banyak apa yang harus dilakukan. Pertanyaannya tentunya akan timbul apakah akan ditukarkan dengan emas batangan atau pun ditabung bank dengan bentuk tabungan emas. Dengan cara tersebut maka dana yang dikumpulkan dalam bentuk investasi akan menjadi lebih aman.

  •        Jelas dan nyata investasinya
Saat ini apabila kita melihat dalam tayangan televisi sering diketahui mengenai investasi bodong. Untuk itu ada baiknya apabila kita selalu berhati-hati agar tidak terkena investasi semacam ini. Apabila ingin memilih investasi mulailah dengan menjalani investasi dengan jelas dan nyata. Jangan sampai hanya bentuk penipuan tidak ada jelasnya. Ada baiknya memilih investasi yang jelas jenisnnya misalnya saja investasi yang telah disebutkan diatas. Jangan mudah percaya dan mencari tahu mengenai jenis investasi yang akan diikuti. Apabila dirasakan mencurigakan maka hindari menjalani investasi yang demikian.


  •        Menghitung keuntungan investasi dan memikirkannya
Menghitung keuntungan investasi dan memikirkan mengenai benar tidak hasil yang didapatkan. Menanyakan mengenai orang yang lebih mengetahuinya dengan cara bertukar pikiran akan lebih penting dilakukan. Dengan cara ini akan memungkinkan Anda untuk lebih jernih dan jelas dalam memilih investasi yang dijalani.

Setelah Anda mengetahui mengenai tips memilih investasi yang aman dan tepat. Tak ada salahnya menggunakan beberapa tips ini untuk dapat memaksimalkan keuntungan dan kewaspadaan akan investasi yang akan dipilih.