Sabtu, 26 Desember 2015

Dua Dasar untuk Melakukan Investasi yang Aman

Invetasi yang aman adalah investasi yang memiliki resiko yang kecil untuk mengalami kerugian. Tapi asal anda tahu semua investasi memiliki resiko yang tinggi ketika anda tidak memiliki dasar yang baik dalam mengatur keuangan anda. Oleh karena itu satu satunya jalan untuk melakukan investasi yang aman adalah dengan mempersiapkan diri anda dengan baik. Tidak peduli berapapun jumlah uang anda untuk melakukan investasi apakah 100 ribu atau 100 juta. Tujuan utama melakukan investasi adalah untuk meningkatkan jumlah uang anda. Oleh karena itu jangan sampai anda kehilangan semua harta anda ketika bermain investasi. Beberapa langkah dibawah ini adalah beberapa langkah untuk anda ikuti agar anda dapat bermain investasi secara aman.


Siapkan diri anda untuk menjadi sukses

Dalam setiap kegiatan di dalam hidup anda, yang paling baik adalah dengan mempersiapkan diri anda dari segala sisi. Untuk mempersiapkan diri menjadi seorang investor yang sukses anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini


  •  Siapkan uang darurat
Untuk memulai investasi anda harus melakukan pembagian uang dengan cara yang bijaksana. Yang pertama uang untuk kebutuhan anda sehari hari tidak boleh sampai tidak tercukupi. Lalu sisa dari kebutuhan pokok tersebut harus anda bagi menjadi 2 macam. Jika memang kebutuhan investasi anda tidak mendesak. Anda baiknya membangun uang cadangan anda terlebih dahulu hingga nilainya cukup, mungkin bisa sekitar 3 hingga 6 bulan. Setelah itu anda bisa membagi uang anda menjadi 3 yaitu uang untuk kebutuhan sehari hari, uang cadangan dan baru uang untuk investasi. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga diri dari hal hal yang mungkin terjadi secara mendadak misalnya kecelakaan, sakit, kehilangan pekerjaan dan banyak hal lainnya. Hindarkan uang cadangan anda dari ketidakpastiaan dalam investasi. Hal ini adalah hal yang paling baik untuk mencegah terjadinya kebangkrutan.


  •  Menuliskan tujuan tujuan anda ketika melakukan investasi
Menentukan tujuan ketika melakukan investasi bisa jadi menjadi salah satu langkah yang sangat menentukan dalam pergerakan anda ketika melakukan investasi. Berapa banyak uang yang anda inginkan dan juga berapa lama anda ingin mendapatkannya. Hindari melakukan investasi tanpa tujuan, hal ini dapat berpengaruh pada kemampuan uang hasil investasi anda.

Memahami dasar dasar dari investasi

Dalam kegiatan investasi anda akan sangat sering mendengarkan kalimat “No Pain, No Gain” hal ini sangat sesuai jika di kaitkan dengan kondisi investasi. Dasar investasi pertama yang anda harus ketahui adalah semakin besar resiko yang dimiliki oleh sebuah stok maka akan semakin besar jumlah uang yang mungkin anda dapatkan dari investasi tersebut.

Dasar investasi yang ke dua adalah melakukan diversify pada uang anda. Hindari untuk melakukan investasi hanya pada satu sektor. Ketika anda hanya memiliki investasi pada 1 sektor dan memfokuskan semua uang anda hanya pada sektor tersebut, jika perusahaan tersebut sukses maka anda mendapatkan keuntungan, tapi jika perusahaan tersebut merugi maka anda juga ikut merasakan dampaknya. Tapi jika anda memutuskan untuk melakukan diversify pada invetasi anda maka kerugian pada sebagian kecil investasi anda tidak akan mempengaruhi anda.

 
Dasar ke tiga dalam melakukan investasi. Ketika anda akan melakukan investasi pada suatu stok, tanyakan pada diri anda, mengapa anda melakukan investasi dan dasar apakah yang anda ambil untuk melakukan investasi tersebut. Jangan pernah menggunakan alasan karena nilai stok tersebut selalu naik dalam beberapa bulan terakhir, karena dengan alasan tersebut yang anda lakukan bukanlah investasi tapi gambling dan hal tersebut bukanlah invetasi yang aman.